Sunday, January 26, 2020

Sebuah Komitmen di Tahun 2020 dan Aplikasi Parenting Favorit

Memasuki tahun 2020, saya berkomitmen bawa Carissa ke Dr. Bob kembali. Setelah dulu kesulitan masalah biaya (yaiyalah bo, tiap bulan bayar vaksin minimal 1.100k. Gimana gak nangis), sekarang sudah lebih pede karena vaksin usia > 1 tahun udah gak tiap bulan ehehehe.
Kenapa harus di dokter spesialis? Soalnya perbedaan pengecekannya terasa sekali dengan waktu vaksin di puskesmas. Di puskesmas, mau nimbang berat badan saja pake cara manual. Saya nimbang dulu lalu nimbang sambil gendong Carissa. Sejauh ini gak pernah ukur tinggi dan lingkar kepala. Jadinya ngukur sendiri di rumah :3
Nah, kalo di dokter spesialis pengecekannya lengkap dan ada konsultasi juga. Ini yang saya butuhkan soalnya Carissa lahirnya BBLR ya, jadi mau cek perkembangannya. Ditambah vaksinnya yang katanya gak bikin deman. Memangnya vaksin di puskesmas bikin demam? Belum tentu juga sih. Tergantung kondisi tubuh masing-masing anak. Vaksin yang katanya gak bikin demam pun gak 100% anti demam. Untuk beberapa anak akan tetap demam, tapi suhu tubuhnya gak terlalu tinggi. Pas Carissa masih newborn, Saya pake vaksin anti demam ini soalnya kasian bayiku kalo demam huhu, tapi belakangan udah ke puskesmas dan menikmati vaksin gratisan :))
Untuk cek list-list vaksin Carissa dari newborn sampe sekarang 17 bulan, selain dari buku bawaan dari klinik Dr. Bob, saya pake aplikasi
PrimaKu. Bisa download di Appstore atau Playstore. Selain PrimaKu, saya pake aplikasi TheAsianParent juga. Aplikasi ini berguna untuk cek perkembangan anak.


Di PrimaKu, selain bisa cek jadwal vaksin, kita bisa cek kesesuaian berat badan, tinggi, dan lingkar kepala juga

 

Untuk jadwal vaksin, ada 2 pilihan, mau ikut tipe vaksin IDAI atau PPI. Kalo IDAI lebih lengkap (ini yang biasa dipake sama dokter spesialis, makanya harganya agak mahal), sedangkan tipe vaksin PPI adalah vaksin wajib yang ditanggung pemerintah (dipake di puskesmas, gratessss!)

 

Terserah mau ikut yang mana. Dua-duanya oke kok. Tinggal sesuaikan budget aja. Kalo mau ikut versi IDAI siapkan budget minimal 1.100k. Beda dokter, beda harga ya.
Selanjutnya, aplikasi TheAsianParent. Aplikasi ini termasuk favorit saya. Tiap hari ada notifikasi perkembangan harian sesuai umur anak kita. Disitu juga ada tips-tips gimana cara menstimulasi kalo skill anak ternyata agak terlambat dari usianya.

 

Tapi gak perlu khawatir kalo anaknya belum mengikuti deskripsi usia di aplikasi ini ya, Bu. Anak kita punya timelinenya masing-masing. Gak perlu jadikan acuan pasti ini mah. Cukup sebagai informasi aja~
Bulan depan Carissa vaksin campak setelah berbulan-bulan absen dari klinik Dr. Bob. Siap-siap dimarahin nih banyak vaksin tambahan Carissa yang bolong-bolong gara-gara saya bawa ke puskesmas T^T

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.